Istilah Dan Variasi Kondisi


 

Pengirim menjamin bahwa yang bersangkutan adalah pemilik yang sah dan/atau berhak atas titipan  yang diserahkan kepada KGP untuk dikirim ke alamat yang ditentukan oleh pengirim.
Pedoman dan Syarat Pengiriman yang tercantum dalam  BUKTI TANDA TERIMA KIRIMAN BARANG (Konosemen) ini merupakan perjanjian yang mengikat antara pengirim dan KGP ketika  pengirim menyerahkan barang/paket,  dokumen atau surat kepada KGP untuk dikirim ke suatu tujuan yang  ditentukan oleh pengirim dengan membayar biaya tertentu kepada KGP baik secara tunai maupun berdasarkan kesepakatan sebelumnya antara pengirim dengan KGP.
    * Yang dimaksud TITIPAN adalah semua bentuk barang/paket, dokumen atau surat yang dikirim melalui KGP.
    * Yang dimaksud PENGIRIM  adalah orang perorangan atau badan hukum yang tertulis/tercetak dalam BTTKB kolom pengirim pada saat melakukan pengiriman dengan memanfaatkan jasa pengiriman yang disediakan oleh KGP  dengan membayar biaya yang telah ditetapkan oleh KGP.
1) Pengirim dilarang memasukkan kedalam titipan barang-barang yang termasuk  namun tidak terbatas pada :
a) Barang berbahaya yang mudah meledak atau terbakar, obat-obatan terlarang, barang-barang yang menurut pihak berwajib dilarang diproduksi dan diedarkan, emas, perak, uang tunai, abu, cyanide, platinum, dan batu atau metal berharga, cek tunai, Bilyet Giro, money order atau traveller’s cek, barang antik, lukisan antik, binatang atau tanaman hidup, jam tangan, perhiasan.
b) Barang-barang lain yang melebihi declare value dan barang-barang lain yang ditetapkan berdasarkan kebijaksanaan KGP.
2) Pengirim wajib memberikan informasi yang lengkap dan benar kepada KGP tentang isi titipan yang dinyatakan pada saat pengiriman dan KGP akan  mengisi sesuai dengan pernyataan pengirim. KGP berhak namun tidak memiliki kewajiban untuk membuka dan/atau memeriksa kiriman tersebut  untuk mencocokan kebenarnya. Apabila pada saat  dibuka  ternyata tidak sesuai dengan isi, maka KGP berhak menolak untuk menerima dan mengangkut titipan tersebut, namun KGP berhak untuk menahan dan melaporkannya kepada pihak berwajib apabila kiriman tersebut diduga akan membahayakan keselamatan umum. Apabila dikemudian hari pernyataan tersebut  tidak sesuai dengan isi titipan  yang berakibat pada adanya akibat hukum bagi KGP baik secara perdata maupun pidana, pengirim, penerima dan pihak ketiga  berkewajiban untuk membebaskan KGP dari segala akibat hukum tersebut, namun apabila KGP diputus bersalah oleh pengadilan karena hal tersebut, pengirim berkewajiban untuk  menanggung putusan tersebut beserta biaya-biaya yang dikeluarkan KGP, dan KGP  berhak untuk melakukan tindakan hukum  baik secara perdata maupun pidana kepada pengirim.
3) KGP  berhak untuk melakukan pembulatan keatas terhadap  berat   dalam satuan Kilo gram dan biaya kirim   dalam nilai  ratusan Rupiah.
4) KGP tidak bertanggung jawab atas hal-hal :
a) Semua kerusakan dan resiko teknik pada mesin maupun barang elektronik yang terjadi selama  pengangkutan, yang menyebabkan  tidak berfungsi atau berubah fungsinya.
b) Kebocoran pada   barang cair, kerusakan pada barang pecah belah, dan kerusakan-kerusakan lain karena sifat barang tersebut.
c) Penahanan dan penyitaan serta pemusnahan  titipan oleh pejabat yang berwenang .
d) Kerusakan, keterlambatan ataupun kehilangan karena keadaan memaksa (force majeure) karena bencana alam, keadaan darurat, atau hal lain diluar kemampuan manusia.
5) KGP tanpa pemberitahuan dan persetujuan terlebih dahulu dari pengirim berhak untuk menggunakan sarana transportasi lainnya dalam melaksanakan pengiriman  dan pengirim terikat pada aturan dan ketentuan yang mengikat KGP dengan pemilik sarana transportasi.
6) KGP dibebaskan dari segala tanggung jawab semenjak diterimanya titipan dan ditanda-tangani Konosemen oleh siapapun dialamat penerima serta  tidak ada keluhan/klaim atas kiriman tersebut pada saat itu, kecuali ada kesepakatan lain sebelumnya antara pengirim dengan KGP.
7a) KGP tidak berkewajiban untuk memberitahukan kepada pengirim mengenai diterimanya barang oleh si penerima.
7b) KGP tidak melayani serta tidak  bertanggung jawab terhadap tuntutan dalam bentuk apapun atas tidak diterimanya, kehilangan, kerusakan atau kekurangan suatu titipan  setelah 15  (lima belas) hari kerja terhitung sejak estimasi waktu penyampaian.
8)  KGP bertanggung jawab terhadap titipan dan titipan berharga (special item) sepanjang pengakuan dan isi barang sesuai, dengan ketentuan sebagai berikut:
a) Bilamana terjadi kehilangan, kerusakan atau kekurangan atas  titipan  yang tidak  diasuransikan, penggantian maksimum sebesar 10 (sepuluh) kali biaya pengiriman untuk titipan  yang hilang dan kurang saja.
b) Untuk titipan yang nilai barangnya melebihi 10 (sepuluh) kali biaya pengiriman dan memiliki nilai subyektif bagi pengirim, wajib diasuransikan yang pembayaran preminya dibayar oleh pengirim kepada Asuransi Jasa Titipan sesuai dengan tarif yang ditentukan oleh perusahaan Asuransi Jasa Titipan. Penggantian kerugian di selesaikan sesuai dengan Polis Kontrak Asuransi Jasa Titipan.
9) KGP tidak memiliki tanggung jawab apapun selain apa yang dikemukakan dalam point 8 diatas, termasuk segala bentuk kerugian apapun berupa kerugian  materil, imateril dan kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan yang diderita oleh pengirim maupun penerima sebagai akibat keterlambatan, kekurangan, kerusakan atau kehilangan barang.
10) Pengajuan dan penyelesaian klaim dilakukan oleh pengirim secara  tertulis ditempat transaksi pengiriman dilakukan, dengan syarat menyerahkan dokumen-dokumen asli  berupa:
a) Identitas pengirim yang masih berlaku;
b) Bukti Konosemen
c) Apabila diasuransikan harus disertakan dengan Surat Penutupan
Asuransi Pengiriman Barang Asli.
Dokumen-dokumen tersebut  dicocokkan dengan dokumen  di KGP. Apabila ada perbedaan maka KGP akan memutuskan berdasarkan dokumen yang ada padanya.